Calon Bisa Umumkan LHKPN Sendiri

DENPASAR-fajarbali.com | Pasangan calon yang diusung oleh partai politik maupun gabungan partai politik (koalisi) telah mendaftar diri ke masing-masing KPU.

Saat ini hanya tinggal menunggu penetapannya saja. 

Diketahui, salah satu syarat yang harus dicantumkan oleh setiap Pasangan Calon yakni soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Saat mendaftar, calon hanya cukup melampirkan bukti tanda terima pendaftaran daftar kekayaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menyatakan, nantinya untuk LHKPN akan diumumkan langsung oleh para calon sendiri. “Nanti calon yang akan mengumumkan sendiri,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (09/09).

Menurutnya, KPU sejatinya bisa mengumumkan, namun harus mendapat persetujuan dari para calon. Seperti yang dilakukan pada Pilkada 2015 lalu. Dimana, KPU Provinsi Bali mengumumkan langsung LHKPN yang juga disaksikan oleh Pasangan Calon.

“Kalau pun nanti calon mau menyerahkan kepada KPU, bisa. Itu kalau calonnya sepakat. Nanti setelah mereka menerima (hasil verifikasi dan pemeriksaan KPK), kan masih diproses,” jelasnya.

Jika mengacu pada tahapan, lanjutnya, setelah penetapan Pasangan Calon hasil pemeriksaan LHKPN akan dikeluarkan. Hanya saja, pihaknya tak bisa memastikan kapan waktunya. “Biasanya begitu, sudah keluar dari KPK,” akunya.

Yang jelas, pihaknya sebagai penyelenggara memberikan opsi kepada calon apakah nantinya akan diumumkan sendiri atau didelegasikan kepada KPU untuk mengumumkan. Seperti diketahui, ada dua belas pasang calon yang akan bertarung dienam kabupaten/kota di Bali yakni Kota Denpasar, Badung, Tabanan, Jembrana, Bangli, dan Karangasem. (her)

BACA JUGA  Daftar ke KPU, Paslon Amerta Tawarkan Program Perubahan Kota Denpasar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *