Tes Kesehatan Bacalon Dipastikan Diikuti Tiga Orang, Sukerena Masih diberikan Kelonggaran Selama 20 Hari

Devisi Teknis Penyelenggaraan KPU Karangasem, Putu Darma Budiasa

AMLAPURA-Fajarbali.comlTahapan pelaksanaan Pilkada Karangasem 2020 telah memasuki bakal calon melaksanakan tes kesehatan yang rencananya akan di gelar mulai Rabu (9/9) hari ini. Dari empat bakal calon yang mendaftar di KPU Karangasem, tiga orang dipastikan akan menjalani tes kesehatan yang digelar di RSUP Sanglah, satu orang lagi yakni bakal calon wakil bupati I Made Sukerana yang berpasangan dengan IGA Mas Sumatri,dipastikan absen lantaran masih menjalani perawatan akibat terpapar Covid-19.

Devisi Teknis Penyelenggaraan KPU Karangasem, Putu Darma Budiasa, Selasa (8/9) kemarin menyampaikan, tes kesehatan akan dilaksanakan selama dua hari dari Rabu (9/9) dan Kamis (10/9) dengan rincian, pada hari pertama akan dilakukan tes kesehatan dan pada hari kedua bakal calon akan menjalani tes psikologi. “Karangasem mendapat jadwal dari tanggal 9 dan 10 September, tempatnya di RSUP Sanglah,Denpasar,” ujar Darma Budiasa.

Putu Darma Budiasa mengatakan, KPU Karangasem telah menerima dua pendaftar pasangan bakal calon yakni, paket pertama I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa (Dana-Dipa) dan I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana (Massker). Yang dipastikan pasangan bakal calon lengkap mengikuti tes kesehatan, katanya, yakni pasangan bakal calon I Gede Dana- I Wayan Artha Dipa (Dana-Dipa). Sedangkan, pasangan bakal calon IGA Mas Sumtari dipastikan tanpa didampingi calon wakil bupatinya I Made Sukerana yang masih harus menjalani perawatan karena positif Cocid-19. “Kalau paket Dana-Dipa lengkap keduanya, sedangkan paket Massker hanya bakal calon bupatinya, IGA Mas Sumatri, bakal calon wakilnya sampai saat ini belum ada konfirmasi,” ujarnya.

Putu Darma Budiasa mengatakan, bakal calon wakil dari IGA Mas Sumatri ini saat ini masih menjalani perawatan karena terpapar covid-19 sesuai dengan surat keterangan kesehatan saat melakukan pendaftaran. Pihaknya pun, katanya, belum mendapatkan konfirmasi dari leaison officer (LO) paket Massker terkait masalah perkembangan kesehatan I Made Sukerana pasca dinyatakan positif Covid-19. “Yang pasti tiga orang besok menjalani tes kesehatan, satunya lagi kita belum mendapat konfirmasi perkembangan kesehatanya,” ujarnya lagi.

BACA JUGA 

Jika pun I Made Sukerana tidak bisa mengikuti tes kesehatan sesuai jadwal yang ditentukan, kata Putu Darma Budiasa, KPU akan memberikan kelonggaran kepada bakal calon yang dinyatakan positif covid-19 selama 20 hari. Namun apabila sampai batas waktu kelonggaran yang diberikan bakal calon belum juga sembuh, KPU Karangasem akan kembali membuat SK perubahan tahapan tes kesehatan bagi yang positif covid-19. “Kami berharap bapak Made Sukerana  cepat sembuh dan hasil swab negatif sebelum dilakukannya penetapan bakal calon pada 23 September dan pengundian nomor urut kedua paslon pada 24 September mendatang,” ujarnya lagi. (bud).  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *